Merekka Hanya Berprasangka

22:53

phew, sudah lama juga nih aku nggak nge-blog. meninggalkan beberapa posting yang belum selesai.
kali ini kita ngebahas apa ya?

"warna tidak hanya hitam dan putih, tetapi juga ada warna lain, ada merah, kuning , hijau dan masih banyak lagi, ada merah muda, kuning langsat, hijau muda, hijau tosca lalu mengapa kita hanya terpaku pada 2 warna itu saja(red:hitam dan putih)?" -Jundina Syifa'ul M. 2013

betul tidak?kita seringkali hanya terpaku terhadap 2 warna itu saja. menutup sebelah mata akan warna-warna lain. dengan kata lain kita Berprasangka.
itulah yang kualami sekarang ini. sebut saja Bunga (bukan nama sebenarnya).
Bunga bilang kalau anak BEM Teknik UB itu agak 'hati-hati' dan 'kurang menghargai' perempuan yang memakai rok dan jilbab syar'i yang tertutup rapat. sulit menerima perempuan seperti itu sebagai staf atau kepanitiaan, ditanyai macam-macam pas interview, kesannya seperti curiga, wanita yang ikut aliran aneh-aneh gitu. buktinya tidak. alhamdulillah aku lolos wawancara Open Recruitmen Staff, fine mengalir saja pertanyaan dan jawaban-jawaban yg kulontarkan, dan nggak ada pertanyaan macam-macam (ini bukan sombong)
terus Bunga juga barusan bilang kan aku mau rapat Bem nih yang seharusnya jam 8 tapi berhubung aku baru pulang dari Batu jadi aku mau kesana jam 21.30.
kalau rapat Bem mesti malam, mereka tidak peduli kalau dibuat alasan ketiduran, atau apalah meskipun aku co-nya.
padahal loh ya nggak kayak gitu, rapat bem memang malam sih, tapi kan kurang lebih 2 jam udah selesai itupun masnya juga sambil guyon klo udah ngantuk jadi buru-buru ditutup rapatnya.
su'udzon terus dan mendoktrin banget kan?heran deh. lebih heran lagi aku yang posting kejelekan orang lain, malah tidak menegur dan mengingatkan bila berbuat salah. hehe
yah, aku pernah membela diri sih. "loh kamu nggak tahu dek, nanti pasti tahu dan paham" katanya.
nah, padahal Bunga itu termasuk anak Merekka yang mempunyai visi misi bla bla bli blu, bisa dibilang paham akan buruknya berprasangka dan pentingnya tabayyun. tapi.... tauk ah!

Dalam memandang sesuatu kita tidak bisa hanya mengandalkan satu sisi, apa lagi sangat yakin diri ini yang paling benar, hidup tidak sendiri, disisi lain masih banyak saudara yang mempunyai banyak hal yg beda, walau rambut sama hitam didalamnya pasti beda. Cara pandang dengan kaca mata multi dimensi adalah langkah yang bijakasana, kroscek sebelum berkesimpulan, tabayun sebelum memutuskan..

Al-baqarah ayat 216..
Allah mengetahui sedangkan kamu tidak..

You Might Also Like

0 comments

About me

Mencintai Sipil dan Sastra sebagaimana mencintai suami dan anak meski belum punya.

Penggiat Senyum dan Kebahagiaan Ummi Abi

Civil Engineering 2011 | Brawijaya Malang University | Young Engineer at PT Hirfi Studio Engineering and Management Consultant

Blog : jun-syifa.blogspot.com
Twitter : @araleostrada
Instagram : @jun.syifa

Like us on Facebook

Flickr Images