Hati-hati Menyebarluaskan Info

19:16

Pertanyaan :

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 
Ustadz, ada pertanyaan : 
Nabi Muhammad SAW bersabda : 
1. 4hal yg membuat Badan Sakit : - kebanyakan Bicara - kebanyakan Tidur - kebanyakan Makan - kebanyakan Bertemu Orang 
2. 4hal yg merusak Tubuh : - Khawatir/Cemas - Kesedihan - Kelaparan - Tidur Larut Malam 
3. 4hal yg membuat Murung dan Kesedihan : - Bohong - Kurang Ajar atau tidak hormat - Berdebat tanpa Pengetahuan atau Informasi  yg memadai - Amoral atau melakukan sesuatu tanpa rasa takut 
4. 4hal yg meningkatkan Wajah Berseri dan Kebahagiaan : - Kesalehan - Loyalitas - Kedermawaan - Menolong sesama dg Ikhlas tanpa diminta hanya harap Ridho illahi 
5. 4hal yg Memberhentikan Rezeki : - Tidur dipagi hari dari Sholat Subuh hingga Matahari Bersinar - Tidak melakukan Sholat/Berdoa secara teratur - Malas - Penghianatan atau Ketidak Jujuran 
6. 4hal yg membawa Rezeki : - Berdoa dimalam hari - Tobat - Beramal - Berdzikir 
Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda : Hiasi Jiwamu dg Shalat, Zikir & amp; Al-Quran krn Satu ayat Al-Quran pd Hari Akhir kan memberi Syafa'at. 
Nabi Muhammad SAW juga bersabda : Berhenti melakukan sesuatu saat Adzan bahkan membaca Al-Quran, orang yg berbicara selama Adzan tidak dapat mengatakan Dua Kalimat Syahadat disaat Kematiannya. 
Baca doa ini untuk kehidupan yg lebih baik Allahumma inni ala zikrika wa syukrika wa husni ibadatika. 
Doa yg sangat kuat telah dikirim kepada anda. Bayangkan jika 1000 orang membacanya hanya karena anda. Subhanallah Jazakallah bi hoirin  Amin. Jika Susah, janganlah merasa Pilu. Ada Allah tempat Mengadu. Jika Gagal, janganlah berputus asa. PENTING BANGET 

Jawaban Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits)

Bismillah. Setelah saya baca dari awal sampai akhir postingan tsb, dpt diketahui bhwa org yg menulis dan menyebarkan kalimat2 tsb dengan mengatas-namakan nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak lepas dari salah satu keadaan dari beberapa keadaan berikut ini: 

1. Dia adalah orang yg tidak mengerti hakikat dan kedudukan hadits Nabi dan ilmu mustholah hadits, 

2. Atau dia telah mengerti hakikat hadits Nabi tapi dia tdk dapat membedakan antara hadits (sabda) Nabi dengan perkataan orang-orang selain beliau.

3. Atau bisa jadi dia adalah orang yang belum mengetahui besarnya bahaya berdusta atas nama Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, sehingga ia meremehkan hal ini, atau bahkan dia beranggapan bahwa pemalsuannya terhdp hadits Nabi adalah dalam rangka membela Nabi dan memotivasi umat agar beramal dengannya.

4. Atau bisa jadi dia adalah orang awam yg memiliki antusias yg tinggi dlm beramal tapi karena keawamannya itu menyebabkan dia mengikuti setiap seruan org yg menyeru.

5. Atau barangkali di sana ada kemungkinan2 lainnya, dan Allah Maha Mengetahui terhdp niat orang2 yg menulis dan menyebarluaskannya dengan mengatasnamakan Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam secara dusta. 

Setahu saya sebagian besar kalimat-kalimat tsb di atas spt: 
(4 hal yg mendatangkan rezeki, 4 hal yg menghalangi rezeki, 4 hal yang menyebabkan badan sakit, dan semisalnya) adalah perkataan imam Ibnul Qoyyim al-Jauziyyah rahimahullah ketika beliau berbicara tentang masalah tazkiyatun nufus (pensucian jiwa). 

Jadi itu semua BUKAN HADITS NABI Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, kecuali doa terakhir yg berbunyi: ALLAHUMMA A'INNI 'ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI 'IBADATIKA", maka ini termasuk hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Maka dari itu, janganlah kita tergesa2 dlm mengambil dan menyebarluaskan ilmu atau info yg kita dapatkan dari berbagai media seblm kita memastikan itu adalah hadits Nabi atau ilmu yg benar. Dan hendaklah kita berhati2 dlm menimba ilmu agama, hrs jelas sumbernya, harus jelas pula kelurusan aqidah dan manhaj guru/ustadz yg kita ambil ilmunya. Sebab, jika gurunya tidak mengenal aqidah yg benar, manhaj yg lurus, dan tdk mengerti mana hadits Nabi dan mana yg bukan hadits Nabi, maka bagaimana mungkin dia mngajarkan kpd umat ilmu agama yg benar sbgmana yg diajarkan Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam kpd umatnya melalui para sahabt beliau yg mulia.

You Might Also Like

0 comments

About me

Mencintai Sipil dan Sastra sebagaimana mencintai suami dan anak meski belum punya.

Penggiat Senyum dan Kebahagiaan Ummi Abi

Civil Engineering 2011 | Brawijaya Malang University | Young Engineer at PT Hirfi Studio Engineering and Management Consultant

Blog : jun-syifa.blogspot.com
Twitter : @araleostrada
Instagram : @jun.syifa

Like us on Facebook

Flickr Images