Studi Eksekursi Sipil 2011 25-27 April 2014 @Bali

06:50

Studi Eksekursi ke Bali 25-27 April 2014



Hari Pertama ke Pelabuhan Tanjung Tembaga atau Pelabuhan Peti Kemas, Probolinggo. hehehe aku lupa namanya.



yang bisa kutangkap secara samar-samar dari penjelasan pak Sugeng, Kajurku dan pak Ruslin Anwar karena aku belum mengambil Teknik Pelabuhan: "Dermaga tipe Jeti karena morfologinya dangkal untuk kedalaman yang cukup 6 m dengan kapal bobotnya dibawah 10 ribu dbt. Dan untuk merencanakannya pake GPS karena ga mungkin meletakkan dan menentukan titik elevasi di air, minimal ada 2 titik DM untuk mengikat di pinggir pantai dan titik pake GPS. Lalu bagaimana dengan perawatan Jeti kalau ada bagian pinggir yang mengelupas?dermaga ada pendangkalan dan pemeliharaan kesehatan bangunan. Pile dari pipa baja, sebelum dipancangkan dilapisi pelindung antikarat, cat/koting lalu dilakukan pemancangan, Kalau kaku diberi beton bertulang. Kepala pile dicegah dari kerusakan atau korosi diberi koting seperti karet seperti itu *nunjuk bawah dermaga*.

Kalau pelaksanaannya kurang bagus, akan mengelupas. klo mengelupas ya di lepas semua lalu diberi cashing jaket koting.

Untuk jembatan biasa, tumpuan mati berhubungan dengan drat pake pilar, kalau jembatan jeti tumpuannya langsung dengan tiang pancang. itu untuk mata kuliah Beton Prategangnya.

Kalau untuk mata kuliah Dinamika, Vibrator belalai panjang untuk beton digetarkan agar agregat terisi semua. Beton SSC memadatkan sendiri,

ya itu yang bisa syifa' tangkap dari penjelasan beliau-beliau. bila ada kesalahan pemahaman mohon dikoreksi. hehehe syifa' lagi proses belajar dan memahami struktur, air dan hal-hal yang berkaitan dalam bidang teknik sipil :)

You Might Also Like

0 comments

About me

Mencintai Sipil dan Sastra sebagaimana mencintai suami dan anak meski belum punya.

Penggiat Senyum dan Kebahagiaan Ummi Abi

Civil Engineering 2011 | Brawijaya Malang University | Young Engineer at PT Hirfi Studio Engineering and Management Consultant

Blog : jun-syifa.blogspot.com
Twitter : @araleostrada
Instagram : @jun.syifa

Like us on Facebook

Flickr Images