Eunoia Hati

20:01



Kmu udah mikirin alasan utama yg bikin kamu kesulitan jun?
Wa aja. Kamu dan aku tipe penulis, kalo telp mgkin kita hanya terpergkap di emosi. Aku coba bantu ya.
Jun, hati manusia itu ga kliatan, kadang terabaikan, tp bs dikatakan kemampuan mendengarkan kata hati itu adalah anugerah terbesar buat manusia. Mgkin dg kjadian kyk gini suatu saat kita bakal bs lebih peka dan mau mendengar kata hatai, sesuatu yg paling murni dlm diri kita. Egois? Ga jg. Hatimu mgkin sdah meronta dr dlu jun, tp kmu ttp brjalan. Skrg kmu ga ada pilihan slain mnjalani, jd ajak hatimu untuk berkompromi. Berat? Iya. Beraaaaat sekali. Jangankan 4 tahun, 1 bulan mncoba bertahan sj udah menderita. Tp g pp. Ajak hatimu bicara, ajak dy bertahan kali ini saja.
Mgkin yg kmu rasakan slama ini adlh krn hatimu saat ini ingin bersuara.
Jun, berhenti berlari. Aku dulu jg suka kpop hanya sbg pelarianku, dan hasilnya aku pun sesat. Aku mengalami masa terberat. Kita mengalami. Kita semua. Orang tua kita juga. Kawan-kawan kita juga. Itu adlh saat hati kita mulai bs merasa. Ga peduli sjauh apa pun kita lari, suatu saat dia pasti bakal ttp menggedor-gedor kita, minta untuk didengar. Justru jun, meski berat, sesak, sakit, terbuang, aku bersyukur aku bisa mengalami itu lbh awal dr tmen2ku yg lain. Kamu juga, bersyukurlah.
Saranku, ajak hatimu bicara, jk hanya tinggal bbrp bulan kmj brjuang untuk skripsi, jd jalani semampumu dan buat hatimu tenang. Hadapi jun, hadapi permasalahan kita, meski berat, bertahan. Bisikkan itu ke dlm dirimu sendiri. Kmu ga ngerti jalan hidupmu skrg, iya, ga ngerti, tapi jun, esok hari saat kmu udah mlewati smuanya kamu bakal memahami.
Maaf aku jd nulis panjang2. Aku ga brmksud mggurui jun.
Jun. Lepas penolakanmu jun. Itu akan buat langkahmu lbh ringan.
Aku jun, pas ngerjain skripsi, sll ada halangan, beasiswa udah g turun, prmslahan2 di rumah yg bikin aku jatuh bgt dan tertatih-tatih. Aku lelah. Aku nangis 2 hari, sendiri. Tp aku sadar, aku kudu terus kerja, g boleh diem aja. Aku kerjain sbisaku... dan dlm pikiranku aku cm bilang "aku kerjain segala yg aku bisa. Ini batasku. Aku serahkan smua kpd Mu". Sudah pasrah, ga ada yg tersisa. Aku nekat bawa draft lgkp skripsi ke dosen2 pdhl bab 2 blm diACC dan prosesnya untuk dikoreksi smpe 3 bulan. Dosenku yg satunya, sma kyk dosennya dian, jg sering brmslah n tugas luar pulau. Buatku, saat itu, itu satu2nya caraku bwt bs lulus smstr itu. Aku nekat, aku maksa diriku sndiri, dan alhasil jun, skripsiku smua brjalan bagai mkjizat, dluar akal sehat. Spt g mgkin tp terjadi. Bbrp kali jun aku sering dibantu dg cara ga diduga -duga ketika aku udah di titik batas. Jadi jun, ini bkn omong kosong, tetap berjuanh jun, sampe batasmu, dan kamu memang pasti akan berubah, mjd org baru yg lbh kuat dr sblum e.
Untuk pilihanmu dan apapun yg udah kmu lakuin dlu.... maafkan dirimu sndiri. Jangan marahi dirimu sendiri. Maafkan, lepaskan... tapi berubahlah. Percayalah itu untuk mmbuatmu belajar, jd memang harus ada pelajaran yg diambil. Tapi pelajaran apa? Tanya ke hatimu.
Sini sini peluuuk 
Organisasi, nnton anime, makan2 gpp... buat refreshing di tengah kepenatan, tp inget, jgan lari

Naruto aja mau kuat ngalahin kyubi dlu, ichigo kuat ngalahin hollow dlm dirinya dulu. Kita juga, hrus bisa mengalahkan diri kita sndiri jun. Jun pasti bisaaa 
Apalagi kalo org islam kan malah jelas bgt diajari kalo ada setan yg merasuk ke hati kita lewat bnyk jalan kan? Nah, at least itu dlu lah, kendalikan diri kita dulu. Jd khalifah, pemimpin, buat diri kita. Kalo gampang kan ga mgkin disebut jihad to?
There there.... puk puk... jundina kudu kuat. Senyum yaa 
Antara Malang dan Pare Kediri , 11 November 2015 (c) A.M.

You Might Also Like

0 comments

About me

Mencintai Sipil dan Sastra sebagaimana mencintai suami dan anak meski belum punya.

Penggiat Senyum dan Kebahagiaan Ummi Abi

Civil Engineering 2011 | Brawijaya Malang University | Young Engineer at PT Hirfi Studio Engineering and Management Consultant

Blog : jun-syifa.blogspot.com
Twitter : @araleostrada
Instagram : @jun.syifa

Like us on Facebook

Flickr Images